Rabu, 07 Maret 2012

Penggunaan Teknologi Informasi Terbaru Di Bidang Akuntansi Nama : Florensius Moruk NIM : 1055111091 Penggunaan Teknologi Informasi Terbaru di Bidang Akuntansi Perkembangan pesat teknologi informasi menempatkan sistem informasi sebagai elemen penting dalam aktivitas sehari-hari. Salah satu tren dalam teknologi informasi adalah pemanfaatan internet. Internet sebagai jaringan komputer global mempunyai fungsi yang penting yaitu sebagai media informasi telekomunikasi, sebagai media perdagangan elektronik dan lain sebagainya. Jaringan tersebut menghubungkan sumber daya-sumber daya komputer yang tersebar secara geografis diseluruh dunia. Internet juga merupakan salah satu teknologi informasi yang penting pada saat ini dan merupakan isu yang secaraluas dibicarakan mulai dekade tahun 1900an. Menurut penelitian Oz (1998) dalam Achjari (2000) perkembangan internet yang begitu cepat mengakibatkan teknologi tersebut semakin banyak variasinya, diantaranya world wide web , electronic mail, internet relay chat, dan transfer file. Berbagai fasilitas tersebut bermanfaat untuk pengguna baik umum maupun kalangan akademis, dalam hal ini adalah mahasiswa, karena bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dan penelitian. Kalangan akademik yang mempunyai kemampuan menggunakan internet dan memahami cara kerjanya akan sangat terbantu kinerjanya. Permasalahan yang timbul dalam dunia pendidikan adalah kekurangan referensi dan informasi akibat terbatasnya jumlah sarana belajar. Ketersediaan buku-buku di perpustakaan terutama pada lembaga pendidikan swasta cukup memprihatinkan dan sangat jauh dari harapan jika yang menjadi tujuan adalah melahirkan sarjana-sarjana yang berkualitas dari universitas. Hal ini dapat diatasi dengan adanya internet yang bisa diakses oleh akademisi di perguruan tinggi. Internet memiliki beberapa karakteristik yang khas, sehingga media inidapat digunakan sebagai media pendukung perkuliahan. Beberapa karakteristik tersebut adalah sebagai berikut : 1. Sebagai media interpersonal dan juga sebagai media massa yang memungkinkan terjadinya komunikasi antar individu maupun antar kelompok. 2. Memiliki sifat interaktif. 3. Memungkinkan terjadinya informasi secara sinkron (synchronous) maupun tertunda (ansynchronous). Pencarian data untuk pembuatan tugas mahasiswa khususnya di bidang akuntansi dapat memanfaatkan keunggulan internet yang memungkinkan perolehan data-data baik yang lama maupun terbaru dari manapun di seluruh dunia secara on-line. Hal ini sangat krusial terutama untuk penelitian di bidang keuangan dan pasar modal yang datanya bisa berubah tiap detik. Menurut Laudon & Laudon (2000) dalam Suyanto (2005) pemanfaatan teknologi informasi yang berhubungan dengan internet mempunyai keunggulan dalam hal daya tarik dan kapasitas utama internet. Daya tarik internet itu meliputi : 1. Communication yang meliputi e-mail, usenet newsgroup, mailing list dan chatting. 2. Information Retrieval yang meliputi FTP (File Transfer Protocol) dan Gopher. 3. Information Search yang meliputi world wide web (www) dan search engine. Telnet misalnya, aplikasi umum dari telnet adalah mengenai katalog kartu secara on-line pada ratusan perguruan tinggi dan perpustakaan umum. File Transfer Protocol (FTP) memindahkan file-file ke dan dari internet. File didapat dalam berbagai ukuran dan berisi teks, grafik, audio atau video. Banyak sistem dalam internet mempunyai file perpustakaan yang terbuka bagi masyarakat menggunakan anonymous FTP, lalu gopher merancang informasi elektronik ke dalam sistem menu on-line dan memilih menu yang dapat mengantar ke gopher mana saja dalam internet. Manfaatnya adalah pemakai tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang mereka akses. Gopher merupakan sistemyang memungkinkan para pemakai internet dapat mengakses informasi dengan menggunakan hierarki menu. Terdapat banyak aplikasi komunikasi elektronik dalam hal proses belajarmengajar. Ini berkisar dari bank-bank informasi ke komunikasi individual sebagai penyalur informasi. Sebagai media yang diharapkankan akan menjadi bagian dari suatu proses belajar mengajar di perguruan tinggi, internet telah mampu memberi dukungan guna terselenggaranya komunikasi interkatif antara dosen dan mahasiswa. Bank-bank informasi tersedia dari para pendidik dan mahasiswa dapat mencari sebanyak yang mereka dapatkan dari perpustakaan. Perbedaan internet dengan perpustakaan adalah aksesnya yang tidak terbatas. Banyak katalog perpustakaan perguruan tinggi dunia tersedia di internet. Meskipun tidak mungkin mengambil buku itu sendiri, tetapi teks-teks yang lengkap juga meliputi abstraksi, data-data dan informasi regional dari berbagai belahan dunia dapat disalin melalui internet. Salah satu sarana untuk lebih mempermudah pembuatan tugas-tugas mahasiswa adalah dengan menggunakan fasilitas-fasilitas dalam internet. Fasilitas dan fungsi dalam internet banyak diminati mahasiswa karena tersedianya layanan penelusuran terhadap informasi ilmiah yang terdapat pada artikel-artikel ilmiah atau jurnal-jurnal elektronik. Melalui internet, penelusuran terhadap jurnal elektronik sangat mudah dan cepat dibandingkan penelusuran terhadap jurnaljurnal tercetak. Perpustakaan dan jurnal on-line yang ada di dunia internet merupakan sumber referensi untuk berbagai keperluan menuntut ilmu. Penggalian informasi dari berbagai sumber untuk memperkaya wawasan suatu bidang ilmu dan memperbandingkan, memperkaya pengetahuan, mencari sesuatu yang memerlukan kejelasan serta pemahaman yang lebih mendalam tentang materi perkuliahan dari dosen dapat di atasi dengan internet. Dengan adanya sumber belajar dalam era modern ini merupakan sebuah pemecahan masalah akibat adanya keterbatasan koleksi perpustakaan universitas (Juliandi, 2004). Internet sangat diandalkan oleh para dosen, peneliti, dan mahasiswa dalam memperoleh bahan-bahan atau materi perkuliahan yang dapat menunjang kegiatan belajar-mengajar di lingkungan kampus. Melalui internet, mahasiswa tidak sepenuhnya tergantung lagi pada dosen. Mereka dapat mengembangkan pengetahuan ataupun wawasan mereka sendiri secara maksimal dengan menggunakan sumber-sumber informasi yang terdapat pada internet. Jika sebelumnya informasi berbasis cetak merupakan bahan yang banyak digunakan oleh mahasiswa dan dosen, sekarang telah tersedia format baru dalam digital melalui web. Keberadaan koleksi bahan digital yang ditransmisikan secara elektronik semakin penting dalam memenuhi kebutuhan informasi sivitas akademik. Di lingkungan perguruan tinggi ketersediaan bahan jenis ini semakin dirasakan manfaatnya oleh sivitas akademik yang sebelumnya jarang memiliki akses terhadap publikasi mutakhir dalam bidang mereka. Menurut penelitian Zainuddin (2006) penggunaan internet bagi mahasiswa bukanlah hal yang asing lagi. Mahasiswa tersebut dapat dikategorikan sebagai mahasiswa yang memiliki kebutuhan cukup tinggi terhadap informasi ilmiah terutama terhadap jurnal-jurnal elektronik. Perputaran informasi dalam internet memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Internet dapat pula dikatakan sebagai perpustakaan yang dapat dikunjungi setiap saat yang berisikan informasi yang lengkap dan sebagai alat informasi yang tidak terbatas. Internet adalah media sempurna yang dapat menghubungkan berjuta-juta orang secara elektronik. Sumber: Lukyati Andrya Rumrangsari (2004) .Nama : Florensius Moruk NIM : 1055111091 Penggunaan Teknologi Informasi Terbaru di Bidang Akuntansi Perkembangan pesat teknologi informasi menempatkan sistem informasi sebagai elemen penting dalam aktivitas sehari-hari. Salah satu tren dalam teknologi informasi adalah pemanfaatan internet. Internet sebagai jaringan komputer global mempunyai fungsi yang penting yaitu sebagai media informasi telekomunikasi, sebagai media perdagangan elektronik dan lain sebagainya. Jaringan tersebut menghubungkan sumber daya-sumber daya komputer yang tersebar secara geografis diseluruh dunia. Internet juga merupakan salah satu teknologi informasi yang penting pada saat ini dan merupakan isu yang secaraluas dibicarakan mulai dekade tahun 1900an. Menurut penelitian Oz (1998) dalam Achjari (2000) perkembangan internet yang begitu cepat mengakibatkan teknologi tersebut semakin banyak variasinya, diantaranya world wide web , electronic mail, internet relay chat, dan transfer file. Berbagai fasilitas tersebut bermanfaat untuk pengguna baik umum maupun kalangan akademis, dalam hal ini adalah mahasiswa, karena bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dan penelitian. Kalangan akademik yang mempunyai kemampuan menggunakan internet dan memahami cara kerjanya akan sangat terbantu kinerjanya. Permasalahan yang timbul dalam dunia pendidikan adalah kekurangan referensi dan informasi akibat terbatasnya jumlah sarana belajar. Ketersediaan buku-buku di perpustakaan terutama pada lembaga pendidikan swasta cukup memprihatinkan dan sangat jauh dari harapan jika yang menjadi tujuan adalah melahirkan sarjana-sarjana yang berkualitas dari universitas. Hal ini dapat diatasi dengan adanya internet yang bisa diakses oleh akademisi di perguruan tinggi. Internet memiliki beberapa karakteristik yang khas, sehingga media inidapat digunakan sebagai media pendukung perkuliahan. Beberapa karakteristik tersebut adalah sebagai berikut : 1. Sebagai media interpersonal dan juga sebagai media massa yang memungkinkan terjadinya komunikasi antar individu maupun antar kelompok. 2. Memiliki sifat interaktif. 3. Memungkinkan terjadinya informasi secara sinkron (synchronous) maupun tertunda (ansynchronous). Pencarian data untuk pembuatan tugas mahasiswa khususnya di bidang akuntansi dapat memanfaatkan keunggulan internet yang memungkinkan perolehan data-data baik yang lama maupun terbaru dari manapun di seluruh dunia secara on-line. Hal ini sangat krusial terutama untuk penelitian di bidang keuangan dan pasar modal yang datanya bisa berubah tiap detik. Menurut Laudon & Laudon (2000) dalam Suyanto (2005) pemanfaatan teknologi informasi yang berhubungan dengan internet mempunyai keunggulan dalam hal daya tarik dan kapasitas utama internet. Daya tarik internet itu meliputi : 1. Communication yang meliputi e-mail, usenet newsgroup, mailing list dan chatting. 2. Information Retrieval yang meliputi FTP (File Transfer Protocol) dan Gopher. 3. Information Search yang meliputi world wide web (www) dan search engine. Telnet misalnya, aplikasi umum dari telnet adalah mengenai katalog kartu secara on-line pada ratusan perguruan tinggi dan perpustakaan umum. File Transfer Protocol (FTP) memindahkan file-file ke dan dari internet. File didapat dalam berbagai ukuran dan berisi teks, grafik, audio atau video. Banyak sistem dalam internet mempunyai file perpustakaan yang terbuka bagi masyarakat menggunakan anonymous FTP, lalu gopher merancang informasi elektronik ke dalam sistem menu on-line dan memilih menu yang dapat mengantar ke gopher mana saja dalam internet. Manfaatnya adalah pemakai tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang mereka akses. Gopher merupakan sistemyang memungkinkan para pemakai internet dapat mengakses informasi dengan menggunakan hierarki menu. Terdapat banyak aplikasi komunikasi elektronik dalam hal proses belajarmengajar. Ini berkisar dari bank-bank informasi ke komunikasi individual sebagai penyalur informasi. Sebagai media yang diharapkankan akan menjadi bagian dari suatu proses belajar mengajar di perguruan tinggi, internet telah mampu memberi dukungan guna terselenggaranya komunikasi interkatif antara dosen dan mahasiswa. Bank-bank informasi tersedia dari para pendidik dan mahasiswa dapat mencari sebanyak yang mereka dapatkan dari perpustakaan. Perbedaan internet dengan perpustakaan adalah aksesnya yang tidak terbatas. Banyak katalog perpustakaan perguruan tinggi dunia tersedia di internet. Meskipun tidak mungkin mengambil buku itu sendiri, tetapi teks-teks yang lengkap juga meliputi abstraksi, data-data dan informasi regional dari berbagai belahan dunia dapat disalin melalui internet. Salah satu sarana untuk lebih mempermudah pembuatan tugas-tugas mahasiswa adalah dengan menggunakan fasilitas-fasilitas dalam internet. Fasilitas dan fungsi dalam internet banyak diminati mahasiswa karena tersedianya layanan penelusuran terhadap informasi ilmiah yang terdapat pada artikel-artikel ilmiah atau jurnal-jurnal elektronik. Melalui internet, penelusuran terhadap jurnal elektronik sangat mudah dan cepat dibandingkan penelusuran terhadap jurnaljurnal tercetak. Perpustakaan dan jurnal on-line yang ada di dunia internet merupakan sumber referensi untuk berbagai keperluan menuntut ilmu. Penggalian informasi dari berbagai sumber untuk memperkaya wawasan suatu bidang ilmu dan memperbandingkan, memperkaya pengetahuan, mencari sesuatu yang memerlukan kejelasan serta pemahaman yang lebih mendalam tentang materi perkuliahan dari dosen dapat di atasi dengan internet. Dengan adanya sumber belajar dalam era modern ini merupakan sebuah pemecahan masalah akibat adanya keterbatasan koleksi perpustakaan universitas (Juliandi, 2004). Internet sangat diandalkan oleh para dosen, peneliti, dan mahasiswa dalam memperoleh bahan-bahan atau materi perkuliahan yang dapat menunjang kegiatan belajar-mengajar di lingkungan kampus. Melalui internet, mahasiswa tidak sepenuhnya tergantung lagi pada dosen. Mereka dapat mengembangkan pengetahuan ataupun wawasan mereka sendiri secara maksimal dengan menggunakan sumber-sumber informasi yang terdapat pada internet. Jika sebelumnya informasi berbasis cetak merupakan bahan yang banyak digunakan oleh mahasiswa dan dosen, sekarang telah tersedia format baru dalam digital melalui web. Keberadaan koleksi bahan digital yang ditransmisikan secara elektronik semakin penting dalam memenuhi kebutuhan informasi sivitas akademik. Di lingkungan perguruan tinggi ketersediaan bahan jenis ini semakin dirasakan manfaatnya oleh sivitas akademik yang sebelumnya jarang memiliki akses terhadap publikasi mutakhir dalam bidang mereka. Menurut penelitian Zainuddin (2006) penggunaan internet bagi mahasiswa bukanlah hal yang asing lagi. Mahasiswa tersebut dapat dikategorikan sebagai mahasiswa yang memiliki kebutuhan cukup tinggi terhadap informasi ilmiah terutama terhadap jurnal-jurnal elektronik. Perputaran informasi dalam internet memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Internet dapat pula dikatakan sebagai perpustakaan yang dapat dikunjungi setiap saat yang berisikan informasi yang lengkap dan sebagai alat informasi yang tidak terbatas. Internet adalah media sempurna yang dapat menghubungkan berjuta-juta orang secara elektronik. Sumber: Lukyati Andrya Rumrangsari (2004) .

 replikasi dari penelitian Lukyati Andriya Rumrangsari (2004)   http://www.ziddu.com/download/18708188/1055111091.docx.html 
Nama : Florensius Moruk
                                                   NIM  :  1055111091
Penggunaan Teknologi Informasi Terbaru di Bidang Akuntansi

Perkembangan pesat teknologi informasi menempatkan sistem informasi sebagai elemen penting dalam aktivitas sehari-hari. Salah satu tren dalam teknologi informasi adalah pemanfaatan internet. Internet sebagai  jaringan komputer global mempunyai fungsi yang penting yaitu sebagai media informasi telekomunikasi, sebagai media perdagangan elektronik dan lain sebagainya. Jaringan tersebut menghubungkan sumber daya-sumber  daya komputer yang tersebar secara geografis diseluruh dunia. Internet juga merupakan salah satu
teknologi informasi yang penting pada saat ini dan  merupakan isu yang secaraluas dibicarakan mulai dekade tahun 1900an.

Menurut penelitian Oz (1998)  dalam Achjari (2000) perkembangan internet yang begitu cepat mengakibatkan teknologi  tersebut semakin banyak variasinya, diantaranya world wide web , electronic mail, internet relay chat, dan transfer file. Berbagai fasilitas tersebut bermanfaat untuk pengguna baik umum maupun kalangan akademis, dalam hal ini adalah mahasiswa, karena bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dan penelitian. Kalangan akademik yang mempunyai kemampuan menggunakan internet dan
memahami cara kerjanya akan sangat terbantu kinerjanya. Permasalahan yang timbul dalam dunia pendidikan adalah kekurangan referensi dan informasi akibat terbatasnya jumlah sarana belajar. Ketersediaan buku-buku di perpustakaan terutama pada lembaga pendidikan swasta cukup memprihatinkan dan sangat jauh dari harapan jika yang menjadi tujuan adalah melahirkan sarjana-sarjana yang berkualitas dari universitas.  Hal ini dapat diatasi dengan adanya internet yang bisa diakses oleh akademisi di perguruan tinggi.   Internet memiliki beberapa karakteristik yang khas, sehingga media inidapat digunakan sebagai media pendukung perkuliahan.
           
Beberapa karakteristik tersebut adalah sebagai berikut :
1. Sebagai media interpersonal dan juga sebagai media  massa yang
    memungkinkan terjadinya komunikasi antar individu maupun antar kelompok.
2. Memiliki sifat interaktif.
3. Memungkinkan terjadinya informasi secara sinkron  (synchronous) maupun
    tertunda (ansynchronous).

Pencarian data untuk pembuatan tugas mahasiswa khususnya di bidang akuntansi dapat memanfaatkan keunggulan internet yang memungkinkan perolehan data-data baik yang lama maupun terbaru dari manapun di seluruh dunia secara on-line. Hal ini sangat krusial terutama untuk penelitian di bidang keuangan dan pasar modal yang datanya bisa berubah tiap detik. Menurut Laudon & Laudon (2000) dalam Suyanto (2005) pemanfaatan teknologi informasi yang berhubungan dengan internet mempunyai keunggulan dalam hal daya tarik dan kapasitas utama internet.

Daya tarik internet itu meliputi :
1.  Communication yang meliputi  e-mail, usenet newsgroup, mailing list  dan
      chatting.
2.  Information Retrieval yang meliputi FTP (File Transfer Protocol) dan Gopher.
3.  Information Search yang meliputi world wide web (www) dan search engine.

Telnet misalnya, aplikasi umum dari telnet adalah mengenai katalog kartu
secara on-line pada ratusan perguruan tinggi dan perpustakaan umum.  File Transfer Protocol (FTP) memindahkan file-file ke dan dari internet. File didapat dalam berbagai ukuran dan berisi teks, grafik, audio atau video. Banyak sistem dalam internet mempunyai file perpustakaan yang terbuka bagi masyarakat menggunakan  anonymous FTP, lalu  gopher merancang informasi elektronik ke dalam sistem menu on-line dan memilih menu yang dapat mengantar  ke gopher mana saja dalam internet. Manfaatnya adalah pemakai  tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang mereka akses.
Gopher merupakan sistemyang memungkinkan para pemakai internet dapat mengakses informasi    dengan menggunakan hierarki menu. Terdapat banyak aplikasi komunikasi elektronik dalam hal proses belajarmengajar. Ini berkisar dari bank-bank informasi ke komunikasi individual sebagai penyalur informasi. Sebagai media yang diharapkankan akan menjadi bagian dari suatu proses belajar mengajar di perguruan tinggi, internet telah mampu memberi dukungan guna terselenggaranya komunikasi interkatif antara dosen dan mahasiswa. Bank-bank informasi tersedia dari para pendidik dan mahasiswa dapat mencari sebanyak yang mereka dapatkan dari perpustakaan. Perbedaan internet dengan perpustakaan adalah aksesnya yang tidak terbatas. Banyak katalog perpustakaan perguruan tinggi dunia tersedia di internet. Meskipun tidak mungkin mengambil buku itu sendiri, tetapi teks-teks yang lengkap juga meliputi abstraksi, data-data dan informasi regional dari berbagai belahan dunia dapat disalin melalui internet. Salah satu sarana untuk lebih mempermudah pembuatan tugas-tugas mahasiswa adalah dengan menggunakan fasilitas-fasilitas dalam internet. Fasilitas dan fungsi dalam internet banyak  diminati mahasiswa karena tersedianya layanan
penelusuran terhadap informasi ilmiah yang terdapat pada artikel-artikel ilmiah atau jurnal-jurnal elektronik. Melalui internet, penelusuran terhadap jurnal elektronik sangat mudah dan cepat dibandingkan penelusuran terhadap jurnaljurnal tercetak. Perpustakaan dan jurnal on-line yang ada di dunia internet merupakan sumber referensi untuk berbagai keperluan menuntut ilmu. Penggalian informasi dari berbagai sumber untuk memperkaya wawasan suatu bidang ilmu dan memperbandingkan, memperkaya pengetahuan, mencari sesuatu yang
memerlukan kejelasan serta pemahaman yang lebih mendalam tentang materi perkuliahan dari dosen dapat di atasi dengan internet. Dengan adanya sumber belajar dalam era modern ini merupakan sebuah pemecahan masalah akibat adanya keterbatasan koleksi perpustakaan universitas (Juliandi, 2004). Internet sangat diandalkan oleh para dosen, peneliti, dan mahasiswa dalam memperoleh bahan-bahan atau materi perkuliahan yang dapat menunjang kegiatan belajar-mengajar di lingkungan kampus. Melalui internet, mahasiswa tidak sepenuhnya tergantung lagi pada dosen. Mereka dapat  mengembangkan pengetahuan ataupun wawasan mereka sendiri secara maksimal dengan menggunakan sumber-sumber informasi yang terdapat pada internet. Jika sebelumnya informasi berbasis cetak merupakan bahan yang banyak digunakan oleh mahasiswa dan dosen, sekarang telah tersedia format baru dalam digital melalui web. Keberadaan koleksi bahan digital yang  ditransmisikan secara elektronik semakin penting dalam memenuhi kebutuhan informasi sivitas akademik.  Di lingkungan perguruan tinggi ketersediaan bahan jenis ini semakin dirasakan manfaatnya oleh sivitas akademik yang sebelumnya jarang memiliki akses terhadap publikasi mutakhir dalam bidang mereka. Menurut penelitian Zainuddin (2006) penggunaan internet bagi mahasiswa
bukanlah hal yang asing lagi. Mahasiswa tersebut dapat dikategorikan sebagai mahasiswa yang memiliki kebutuhan cukup tinggi terhadap informasi ilmiah terutama terhadap jurnal-jurnal elektronik. Perputaran informasi dalam internet memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Internet dapat pula dikatakan sebagai perpustakaan yang dapat dikunjungi setiap saat yang berisikan informasi yang lengkap dan sebagai alat informasi yang tidak terbatas. Internet adalah media sempurna yang dapat menghubungkan berjuta-juta orang secara elektronik.

                                                                              

Sumber:  Lukyati Andrya Rumrangsari (2004) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar